CARA MUDAH MENDETEKSI EMAS PALSU (PERHIASAN / BATANGAN)

    Hallo sobat Penaksir Moeda, disini penaksir moeda mencoba berbagi sedikit pengalaman serta cerita, disaat penaksir moeda bertugas sebagai penaksir emas disalah satu perusahaan gadai swasta yang ada di sekitaran Jakarta selatan.

    Oke, pertama-tama penaksir moeda disini menjelaskan secara garis besar apa itu emas?, Emas adalah Unsur kimia yang didalam table periodik memiliki simbol Au (Aurum). Sebuah logam yang sifat nya lembek, mengkilap, tidak menempel dengan medan magnet. (emas)
Perhiasan

      Emas mempunyai warna kilau yang sangat menarik yang terutama membuat kaum wanita terpukau. Terkadang kita sebagai orang awam tidak mengerti bagaimana dalam membeli emas (perhiasan atau pun batangan/logam mulia). Karena di era zaman saat ini banyak sekali pedagang toko emas atau pun perseorangan memalsukan emas tersebut, demi meraup untung sebanyak-banyak nya.
      
Emas Batangan

Nah sobat penaksir moeda jangan khawatir, penaksir moeda akan mencoba menjelaskan secara umum yaa. Penaksir moeda pernah mendapatkan perhiasan PALSU disaat bertugas dikantor, perhiasan itu bermacam-macam jenisnya, ada kalung, gelang dan cincin. Dahulu disaat masa pendidikan penaksir, penaksir moeda pernah diberitahukan jenis macam-macam emas PALSU, yaitu :
1.     Emas Lapisan
Cincin Emas Lapisan

2.     Emas Sepuhan
Gelang Sepuhan

3.     Emas Isian
Emas Batang Isian

       Dimana emas palsu mempunyai bahan dasar besi, stainless ataupun titanium, yang dilapisi kembali dengan emas tipis, ibarat nya seperti pisang goreng. Pisang yang dilapisi oleh tepung, pisang diibaratkan bahan dasar besi, tepung ibarat kan emas lapisan nya.

Bagaimana kita bisa mengecek nya?, jika perhiasan itu emas PALSU???, langkah awal kita bisa menggunakan magnet. Karena sifat emas tidak menarik dengan magnet. Yang kedua kita melakukan dengan teknik Uji Kimia, yaitu gosok berjalan perhiasan diatas batu uji, kemudian lihat reaksi setelah di tetesi dengan Air Uji. jika perhiasan itu emas PALSU maka lapisan terdalam bereaksi dengan air uji, menimbulkan efek berwarna HIJAU atau PUTIH jika berbahan dasar titanium.

Emas Palsu
Hasil Gosok Emas Palsu

            Kemudian bagaimana jika emas itu berbentuk Logam Mulia atau Emas batangan?, sobat Penaksir Moeda jangan lakukan dengan tes TOUCH STONE, karena bisa merusak lapisan emas batangan tersebut dan bisa mengurai nilai keindahan maupun nilai materiil dari emas batangan tersebut.
Emas PT. ANTAM

Emas batangan dengan merek ANTAM lebih mudah untuk diketahui, jika emas batangan model terbaru (certieye), maka sobat penaksir moeda cukup foto scan QR yang ada dibelakang bungkus emas batangan ANTAM menggunakan aplikasi CERTIEYE pada handphone .
Emas PT. ANTAM Certieye

            Kalo emas itu asli maka terdapat info tahun produksi, nomor produksi serta lambang ANTAM pada hasil foto scan aplikasi certieye. Jika emas itu palsu maka tidak muncul logo ANTAM dengan jelas serta info dari emas batangan tersebut. Jika emas batangan dengan model lama, sobat penaksir moeda bisa melakukan dengan tes GRAVITY TEST (berat jenis). 
Hasil Scan App Certieye

          Langkah menghitung dengan berat jenis, timbang emas diatas timbangan kedap udara untuk mengetahui berat emas tersebut, apakah sesuai dengan berat asli tertera pada cap emas batangan tersebut, hasil timbangan bisa disebut dengan berat kering (bk). Kemudian kita timbang emas batangan tersebut diatas timbangan toples berisi air. ikat emas batangan dengan tali kedap air (tali rafia atau senar tali biola), celupkan kedalam toples air diatas timbangan dengan tidak menyentuh dinding serta dasar dari toples tersebut. Maka akan ketemu hasil timbangan berat basah (bb).

Setelah itu kita masukan dengan rumus :
BK  = Volume (V) / BK  = Berat Jenis Emas
BB                              V

Jika emas batangan ASLI maka emas itu mempunyai berat jenis 19,32 Gram

Kedepan nya, penaksir moeda akan berbagi Tips membeli perhiasan ASLI dengan karatase yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, mohon support nya & Share agar bermanfaat bagi orang banyak. terimakasih, sampai berjumpa di kesempatan mendatang.



Komentar